APA ITU PASASI?
![]() |
Gambar Di Dalam Bandara |
Worldaviation PASASI atau sering disingkat pax service adalah suatu bentuk pekerjaan yang dilakukan oleh petugas front liner suatu perusahaan dalam melayani pelanggan atau penumpang dengan ramah, baik dan juga sesuai dengan standar operation prosedure ( SOP ).
Adapun perusahaan yang membutuhkan pelayanan pelanggan adalah perusahaan yang berhubungan dengan bidang jasa pelayanan, contoh : staf perhotelan, staf instansi dalam divisi customer service agent, dan juga staf penerbangan.
PASSENGER SERVICE/PASASI DIDUNIA PENERBANGAN
Pasasi didunia penerbangan bertugas melayani penumpang dalam ruang lingkup keberangkatan maupun kedatangan. Adapun pembagian divisi petugas pasasi diantara lain.
PEMBAGIAN DIVISI ( JOB DESK ) DI PASASI
Dibandara khusunya Airline atau Ground Handling dibagi menjadi 4 divisi kerja untuk pasasi, yaitu:
- CHECK IN STAFF
- GATE STAFF
- TRANSFER DESK/TRANSIT STAFF
- LOST AND FOUND
DIVISI KERJA ( JOB DESK ) PETUGAS PASASI
1. Check in Staff
Tugas utama check in staff yaitu menukar dokumen berupa tiket menjadi boarding pass guna memastikan penumpang tersebut benar-benar telah datang dibandara. Tugas lain dari check in staff yaitu memasukan informasi berat bagasi penumpang dan memberi claim tag label bagasi penumpang, serta melakukan labelling ke bagasi tersebut.
2. Gate Staff
Gate staff yaitu petugas yang berada di ruang tunggu bertugas untuk melakukan pengecekan kembali terkait persiapan penumpang sebelum boarding ( masuk pesawat ) hingga sampai penumpang selesai boarding. Adapun detailnya yaitu melakukan pengecekan kembali Boarding pass dan ktp agar penunpang yang masuk ke ruang tunggu tidak salah berdasarkan rute, filght number dan airline yang digunakan. Tugas tambahan gate staff yaitu melakukan sweeping bagasi yanh dirasa tidak sesuai untuk dibawa sebagai hand carry bag atau bagasi cabin, apabila ada bagasi yang terlalu besar dan terlalu berat melebihi standar 7 kg, maka gate staff akan melakukan sweeping untuk dilakukan labelling, kemudian gate staff berkordinasi dengan divisi baggage handling agar bagasi tersebut dapat dimasukan ke compartement bagasi pesawat.
3. Transfer Desk/Transit Staff
Transfer desk/transit staff adalah divisi yang melayani dan memandu penumpang transit dari pesawat yang baru saja parking untuk melanjutkan ke penerbangan selanjutnya. Untuk petugas Transfer desk/transit ini biasanya hanya ada dibandara kelas 1 dengan Turn Over transit yang sangag tinggi. Untuk beberapa bandara kecil yang turn over transit tinggi biasanya divisi ini dback up oleh divisi gate staff dan juga lost and found.
4. Lost and Found Staff
Lost and found staff adalah divisi yang melayani penumpang di ruang lingkup kedatangan untuk menangani seputar kehilangan bagasi. Untuk job desk utama adalah mengarahkan penumpang yang baru saja landing ke conveyor belt yang sudah ditentukan, selanjutnya masing-masing petugas lost and found melakukan pengecekan dan pencocokan nomor claim tag dengan nomor label yang ada dibagasi. Apabila terjadi case berupa kehilangan atau tidak mendapatkan bagasi tersebut. Petugas lost and found membuat dokumen yang disebut PIR (property irregularity report). Dokumen ini yang digunakan untuk mempermudah identifikasi barang hilang dan melakukan tracking ke stasiun lain. Baca juga link media sosial saya
Baik itulah penjelasan sedikit tentang pasasi, bagi teman-teman yang sudah membaca jang lupa dukung terus dan Ikuti saya. Dan juga pastinya akan selalu berikan informasi berita lainnya seputar dunia penerbangan.
0 komentar:
Posting Komentar